Blogger Tips and TricksLatest Tips For BloggersBlogger Tricks

Senin, 24 Februari 2014

Psikologi

Mengingat kata Psikologi menjadikan penulis merasa kembali ke masa-masa SMA yang dulu pernah bercita-cita menjadi seorang Psikolog.. dulu memang belum begitu tau apa itu sebenarnya Psikolog,, yang dulu terfkir adalah orang yang bisa membaca orang lain melalui pikiran dan gerak-gerik nya.. sejenis permal gitu mikirnya,,, seiring evolusi selama 2 tahun setelah lulus SMA dan menemukan buku dari perpustakaan berjudul "Pengantar Psikologi" karya Robert S. Feldman edisi ke-10 buku yang pertama bahwa arti Psikologi adalah studi ilmiah tentang proses mental dan tingkah laku. Secara sederhana orang yang belajar psikologi mampu mengetahui hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari secara ilmiah. (Orang Ilmiah men.. :D )


Buku ini setelah penulis baca secara singkat, padat dan Bermartabat ^_^ ada hal menarik yang berada di bawah tulisan utamanya di halaman ke-5 tentang kebenaran psikologi.. Pingin tau? Enggak? ya Udah.hahaha iya iya.. ini tanpa syarat tak kutip sedikit..

Jawaban mana yang tepat? benar atau salah secara Psikologi tentang pernyataan dibawah ini :
  1. Bayi mencintai ibu mereka lebih dahulu karena sang ibu memenuhi kebutuhan biologis mereka, seperti menyediakan makanan. (benar atau salah hayo...? ^_^)
  2. Orang jenius pada umumnya memiliki penyesuaian sosial yang buruk. (Menurut mu benar y? kayak film2 orang jenius "Cloudy With A Chance Of Meatballs", "Jimmy Newtron", "Mega Mind", "Despicable Me" dan lainnya)
  3. Cara terbaik untuk memastikan bahwa perilaku yang diinginkan akan berlanjut setelah pelatihan selesai adalah dengan memberikan penghargaan pada tingkah laku tersebut setiap kali ia terjadi selama pelatihan daripada memberikan penghargaan secara berkala saja. (Bingung apa Benar? hahaha)
  4. Orang dengan Schizophrenia memiliki paling tidak dua kepribadian yang berbeda. (Schizophrenia adalah penyakit mental yang mengganggu kemampuan seseorang untuk memahami realitas. Salah ato benar? hihihi)
  5. Orang tua harus melakukan segala yang dapat mereka lakukan untuk memastikan bahwa anak-anak mereka memiliki harga diri yang tinggi dan perasaan yang kuat sehingga mereka berkompetensi tinggi. (Secara nalar bener gak?)
  6. Skor IQ anak-anak hanya berpengaruh kecil dalam kegiatan merka disekolah? (Orang pintar lagi nih maksudnya...)
  7. Masturbasi yang intens dapat mengarahkan ke penyakit mental. (Bisa jadi..)
  8. Sekali seseorang umur dewasa, aktivitas luang mereka berubah drastis. (Banyak ngantor kali ya.. hehe)
  9. Kebanyakan orang akan menolak untuk memberikan efek kejut listrik kepada orang lain. (Kayak Mr. Bean itu y? hahaha)
  10. Seseorang yang berbicara tentang bunuh diri tidak tampak akan membunuh dirinya sendiri. (Gila nih yang terkahir.. )
Penilaian kebenaran dari setiap poin diatas dengan merujuk pada maksud utama sekaligus penelitian orang-orang Psikologi dan mengabaikan hal-hal yang penulis beri tanda kurung Fakta tersebut terbukti "Salah"... (#@!^%@*!) Bagaimana hal itu bisa salah semua jawabannya? penulis belum begitu mempelajari seluk beluk ilmu Psikologi jadi silahkan baca bukunya langsung ya.. :) ada 2 buku di edisi 10 ini..

Syukron dan semoga bermanfaat :)