Blogger Tips and TricksLatest Tips For BloggersBlogger Tricks

Minggu, 23 Februari 2014

Sehat itu.. Mahal?

Sebaiknya judulnya diganti, tidak sinkron dengan isinya.. No Problem i said.. Judul adalah maksud tersembunyi oleh si pembuat judul,, Posting yang ini bakal mbahas tentang Etika Makan maupun Minum yang perlu diperhatikan menurut Islam. Makan ada etikanya y? iya donk.. (dikira dihutan apa? haha) jadi tulisan ini terreferensi dari buku "Pola Makan Rasulullah" karya Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad as-Sayyid. (Profesour men.. ^o^) 


Sebelumnya kita eling-eling dulu kata-kata apa yang sering diucapkan orang Indonesia tentang makanan yang baik itu.. "Empat Sehat Lima Sempurna" yak.. memang secara maksud dari pandangan saya dan orang-orang seperti saya itu benar..  dengan Benar yang belum lengkap :D lha terus gimana lengkapnya? ya mengkonsumsi itu semua pake aturan gak semuanya langsung dimasukin ke lambungkan.hahaha gak kebayang deh perut yang kamu bawa-bawa itu di isi Nasi, Daging, Sayur, Buah, Susu atau lain sebagainya setiap hari.. dalam islam sudah diatur sebenarnya sesuai porsi yang dibutuhkan. Rasulullah pun telah menjelaskan porsi yang tepat untuk lambung yaitu : 
"Tidaklah anak cucu Adam mengisi wadah yang lebih buruk dari perutnya. Sebenarnya beberapa suap saja sudah cukup untuk menegakkan tulang rusuknya. Kalau toh, dia harus mengisinya, maka sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga lagi untuk nafasnya."
Cara memasukkannya kedalam perut kita pun juga ada caranya.. :) kalo orang makan itu ada Etikanya, ya yang di bawah ini etika nya..

  1. Membaca basmalah ketika hendak makan. basmalah dapat mengingatkan orang yang memakan makanan tersebut adalah nikmat yang diberikan Allah kepadanya yang wajib disyukuri dan dikonsumsi secara benar (memelihara makanan, tidak berlebih-lebihan dan tidak bersikap mubadzir).
  2. Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Cuci tangan sebelum makan sudah jelas seperti contoh ketika setelah selesai bekerja menyapu halaman rumah saja lalu kita makan menggunakan tangan.hahaha kan tangannya kotor bukan? Kalo sesudah makan, makanan sisa yang berada ditangan kita tidak cuci tangan sebelum tidur.. nah besuknya bisa banyak kuman tuh ditangan kita.. dan kuman itu adalah kuman penyakit. (Hayo siapa yang gak cuci tangan sebelum tidur? :D)
  3. Tidak berlebih-lebihan. Islam mengajarkan kita untuk hidup secara seimbang, tidak kurang apa lagi berlebihan. contohnya sangat mudah yaitu ketika kekenyangan tubuh sulit untuk berdiri maupun bangun untuk melakukan hal-hal lain.
  4. Makan dengan 3 jari. Secara idealis 3 dari 5 itu seimbang.. tidak kurang maupun lebih... makan dengan 5 jari itu dapat dipandang orang yang rakus, sedangkan dengan 2 atau 1 jari (emang bisa y? hehe) bagaikan orang sombong yang tidak mau menyentuh makanan yang mau dimakan.
  5. Duduk tegak lurus dan tidak bersandar. Bersandar ketika makan secara fisiologis akan mengganggu pencernaan lambung untuk memprose makananya.
  6. Minum dengan 3 kali tegukan. Minum dengan posisi duduk tegak lurus dan tidak bernafas dalam gelas.. karena bernafas dalam gelas dapat merubah struktur molekul dalam air.. apa lagi meniupnya..
  7. Makan bersama. (makan-makan.hahaha) yak.. makan bareng dapat menciptakan suasana penuh kasih sayang dan rasa saling mencintai.
  8. Makan sambil berbincang. dengan maksud memberikan rasa rileks dan menyenangkan dalam makan.. tapi jangan bicara sambil makan secara bersama-sama y.. nanti bisa tersedak..
  9. Menghormati budaya dan tradisi makanan yang ada. Ini penting apa lagi di Indonesia seperti ini dengan wisata kuliner yang banyak.. dari kota besar hingga pelosok negeri. Makanan pun juga harus dimakan kan,, (kayak manusia dimanusiakan saja... hehe)
  10. Tidak memaksa orang sakit untuk makan makanan tertentu. Ketika memberikan makan kepada orang sakit kita harus bersikap lembut dan selalu dengan senyum agar yang sakit mau makan dengan senang hati tanpa paksaan..
  11. Menjaga perasaan orang lain. ini seperti tidak membelakangi posisi antara satu dengan orang lainnya, karena dapat mengurangi selera makan..
  12. Mendahulukan makan buah-buahan sebelum makan daging. gak kebalik nih Prof? Tidak.. ini sudah diterangkan dalam Al-Qur'an QS. al-Waqi'ah : 20-21 yang artinya : "dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan." secara browsing gini nih buah-buahan itu dapat dicerna lebih cepat ari pada daging.. Buah kisaran 10-15 menit kecuali pisang 45 menit dan daging dicerna sekitar 3-4 jam.. lama y... , hubungannya cepat tidak itu apa? jadi gini lagi tubuh membutuhkan energi untuk mengolah makanan.. kalo pasokan energi sedikit tubuh akan merasa mengantuk.. jadi sekali lagi buah disini sebagai pemasok energi untuk mencerna daging.. (secara ringkas gitu, pingin tahu banyak ya baca bukunya langsung sama tanya-tanya ke orang ahli gizi.hehe)
Sekilas seperti itu Etika makan untuk seorang muslim, tapi Al-Qur'an bersifat universal jadi ini untuk seluruh manusia yang ada dimuka bumi supaya terjaga kesehatannya... bukan kah ini keren.. Allah sudah memikirkan ciptaannya untuk hidupnya kelak? dan Al-Qur'an secara tersirat menyuruh kita menjaga kesehatan dibandingkan mengobati penyakit..

Semoga tulisan ini bermanfaat... Syukron :)