Blogger Tips and TricksLatest Tips For BloggersBlogger Tricks

Senin, 17 Februari 2014

Organisasi?

Jika ditanya apa arti organisasi bagi ku? Aku akan menjawab... (1 jam kemudian) "Banyak" :)

Organisasi memang banyak artian bagi tiap-tiap individu, namun bagi individu yang selalu berfikir positif apa lagi pernah ber-organisasi itu adalah masa-masa ketika ujian kehidupan berlangsung.. (meskipun tidak semuanya ujian). Organisasi mampu mengajarkan kita arti kelompok, yang merupakan kumpulan dari individu-individu yang berkumpul menjadi entah dengan karakter sama maupun berbeda yang mempunyai maksud/tujuan sama (Disamakan tepatnya :) )



Pertama berorganisasi adalah hal yang menuntut banyak energi dan pengorbanan, karena disitulah letak ledakan menjadi orang yang sukses.. Sukses bukan hanya sukses secara prestasi! karena prestasi hanya diraih oleh orang-orang yang ingin berprestasi.. Sukses yang sya maksud disini "Proses" membentuk kepribadian bersosial, berkomunikasi dan Manajerial.. (Tapi merujuk prestasi juga y.. hehehe). Sebagai gambaran saya ceritakan bagaimana awal saya berorganisasi dulu,,

Jadi... (kesimpulan.hehe) Pada jaman dahulu kala (terlalu lama y.. haha),, Oke deh langsung saja.. Awal ku berorganisasi adalah ketika pertama menginjak masa-masa kuliah setelah terlepas dari masa keculunan putih abu-abu. Saat itu diriku hanya orang yang suka ikut-ikutan malah diikut-ikutkan.hehe diriku di ajak masuk KSI (Kelompok Studi Ilmiah), semacam organisasi orang pinter lah dulu menurutku.. (biasa.. masih belum tau.hehe) disitu awal sekali ku mendapat pengalaman yang mungkin sampai sekarang sulit dilupakan bahwa diriku disangka kembar dengan Ketua Umum yang menjabat disitu sebut saja Mas Shodiq. Dari situ diriku langsung ngeksis gak karuan, orang pinter enggak, artis bukan, aktivis apa lagi.. (dalam hati.. apa memang diriku sama beneran y?) dan dari situ pula aku menjadi ketua panitia yang pertama dalam hidup ku pula.hahaha menjadi Ketua Panitia TEKAD (Temu Kader) sebuah acara mengumpulkan mantan pejabat-pejabat KSI yang hampir punah (dilupakan maksudnya.hehe). Dilema besar tercipta ketika awal perkuliahan.. masa galaupun tak terasa karena serasa menjadi Presiden yang mengatur Negara baru.hahaha Namun dari menjadi Ketua Panitia tersebut diriku menemukan hal baru yang disebut "Tanggung Jawab". Ya.. Tanggung Jawab yang selama masa SMA belum pernah merasakannya dan baru pertama kali itu diriku diajari oleh orang-orang KSI untuk tetap Kuat, Bertahan, Kamu Bisa!, Jangan Menyerah! dan "Koe Kudu Semangat!".

Susah senang ku alami, ada orang yang mau bekerja dan ada pula yang ogah-ogahan (mungkin karena diriku belum menjadi pemimpin sesungguhnya bagi mereka <how Melancolis..>), Meski baru pertama mendapat timpukan gunung seperti itu IP ku masih diatas rata-rata target awal ku 3, alhamdulillah.hehe :)

Kalau dipikir dari awal sampai sekarang perjalanan yang ditempuh serasa baru kemarin, kenapa? karena hari begitu cepat berlalu.. menikmati manis getir dan pahitnya berorganisasi.. Orang-orang yang selalu memberi mu Semangat, yang dengan tulus mentraktirmu.. dan alasan-alasan lain yang mungkin ada 99 seperti yang dikatakan Ketua Bidang saya yang sekarang sudah ter Demisioner (sayang sekali :( ). Dia sangat menginsprasi ku sejak pertama kali masuk KSI, karena dulu cita-citaku kuliah di Jurusan IT/Pend.Kimia namun mas Ubaid memberiku jawaban bahwa mahasiswa apa lagi yang berorganisasi itu bebas melakukan apapun baik masih maupun tidak dalam bidang yang diambilnya.. Dari situ Jurusan Peternakan ku sudah kua anggap mempunyai nilai karena Organisasi yang ku ikuti..

Pengalaman lain? ada.. :) banyak malah.. apa lagi menjadi seorang Humas, engkau bisa tahu Pejabat-pejabat tinggi Kampus, Teman Baru lintas Organisasi.. Hal-hal baru dilingkungan mu maupun yang jauh nan dimato.. :D Dulu yang belum sempat berfikir berorganisasi untuk apa? sekarang sudah hampir jelas bahwa organisasi itu memang perlu.. dan bahkan dianjurkan.. seperti yang dikatakan pada blog ini bahwa dalam Al Qur'an dijelaskan :


Al Maaidah, 5:5 : ... Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.  Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.
Perlunya tolong menolong mengindikasikan bahwa organisasi dibentuk dari sikap tolong menolong untuk tujuan yang ditentukan masing-masing organisasi tentunya dalam hal yang baik.

Kesimpulan yang dapat diambil dari "Organisasi"  adalah tempat bersenang-senang? (hampir benar) tapi bukan itu yang kumaksud.hehe serius sedikit.. Bismillah..yang ingin saya sampaikan disini adalah Organisasi sangat dianjurkan oleh agama dengan banyak manfaat-manfaat yang banyak baik untuk individu/kelompok itu sendiri.. disamping hal tersebut.. hidup akan terisi oleh hal-hal yang berguna untuk masa depan, ketika melamar pekerjaan, gaya berbicara dengan orang lain, memimpin keluarga bahkan meimpin Negara ini atau Dunia ini.. Because you are the Leader ! and Organisasi create New Leader !

Terima Kasih telah membaca susunan kata-kata ini, jika kalian punya kata-kata juga.. Boleh lhoh tak bantu baca :)